Senin, 14 Februari 2011

Treatment pada Karet Pintu

Karet pintu mobil akan menurun elastisitasnya seiring dengan usia mobil.
Suara berisik dari luar akan bocor masuk ke dalam kabin mobil bahkan sering bau knalpot bus kota bisa tercium saat mobil sedang menunggu antrian di lampu merah. Salah satu penyebabnya adalah kebocoran karena elastisitas karet yang mulai menurun.

Karet O



Karet O ukuran 6mm


Salah satu perbaikan yang bisa dilakukan apabila kebocoran disebabkan penurunan elastisitas karet pintu adalah dengan treatment ini.
Problem paling banyak ditemukan pada bagian dekat engsel depan, karena posisi karet sering terjepit menjadikannya gepeng, bagian lain adalah karet sudut atas dekat tekukan.

Pada banyak kasus, treatment karet pintu bisa menjadikan kekedapan mobil kembali seperti pada pintu mobil baru.

Karet pintu mobil mulai gepeng setelah pemakaian 2 tahun 
Karet pintu sebelum treatment
Karet pintu sesudah treatment
Mobil yang kami tes berusia antara 2-5 tahun, hasil yang didapat sesudah treatment karet pintu : 
suara dan 'rasa' saat pintu ditutup (mungkin agak berlebih tetapi...) serasa menutup pintu mobil baru.
Kekedapan terhadap suara berisik dari luar juga meningkat.


Karet O diselipkan ke dalam rongga karet pintu

Karet CheckMat O harganya Rp.40.000,- / meter 
Sebagai gambaran, karet pintu Toyota Innova mempunyai panjang 4m x 2 lapis  x 4 pintu = 32 m 
Biaya yang dihabiskan utk pemasangan karet O 2 lapis (bahan dan ongkos) Rp.1.28jt,
Karet O 1 lapis (bahan dan ongkos) Rp.890rb.

Lama pengerjaan kira-kira 2-4 jam.

Info dan produk bisa didapatkan di :
Tritala Audio
Jl.Cideng Timur No.16
Jak Pus
021 6310627
0812 815 7262
2A9558FD


Zaz : eblouie par la nuit



103 komentar:

  1. kalau taruna berapa kira kira menghapiskan ?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Pak Suharsana YTH.,
    Untuk Taruna bisa dipasang 1 rangkap Rp.400rb.
    Thanks.
    Salam,
    Justinus

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk taruna 400rb sudah semua pintu bos?

      Hapus
    2. Bapak pemilik Taruna YTH.,
      Harga karet O sekarang (2014) utkTaruna 4 pintu Rp.890rb.
      Trims dan salam,
      Justinus

      Hapus
    3. Pak Justin, saya punya Santa Fe diesel 2013. Bisa dipasang Karet model apa saja untuk mengurangi suara luar masuk? Dan brp kisaran biaya total nya? Makasih

      Hapus
  3. untuk pengerjaan apakah bisa dirumah?trm ksh.

    BalasHapus
  4. jenis mobilnya dan lokasi rumah dimana ya pak?
    jikalau tidak rumit mobilnya dan lokasi rumah tidak jauh bisa dibantu.
    thanks

    BalasHapus
  5. Syafiq
    untuk kendaraan jenis sedan (Accord Cielo '94), kira membutuhkan berapa meter dan berapa biayanya? thanks
    (aboesyafyq@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  6. Pak Syafiq Yth.,
    Utk Accord Cielo membutuhkan sekitar 30m. Biaya termasuk pemasangan Rp.768rb.
    Thanks dan wasalam,
    Justinus

    BalasHapus
  7. Berapa harga paket peredam kabin dan karet O untuk suzuki escudo 2.0 2003 dan berapa lama pengerjaannya. trims Bambang (pm_b3nk@yahoo.com)

    BalasHapus
  8. Untuk Avanza 2005 non VVTi perlu berapa meter dan berapa biaya termasuk pasang ? tq

    BalasHapus
  9. Pak Kim Yth.,
    Avanza kira2 16m. Biaya Rp.400rb

    BalasHapus
  10. untuk civic thun 2003 kira2 berapa biaya yg di keluarkan? kalo bisa sms ke 083893800057

    BalasHapus
  11. tony 08180223711525 Juli 2011 05.04

    kalau untuk mercy E320 94, bagian dalam (yang berlapis kain) saja kena brapa?
    pengerjaan berapa lama?

    posisi mobil di bandung, apa bisa kirim karet saja untuk d kerjakan d sana?

    BalasHapus
  12. pak.
    kalo untuk terios brapa yah kira2?. soal nya masa motor supra x yg lewat aja, suara kenalpot nya parah sekali..
    sms aja ke 081398460399
    Thanks

    BalasHapus
  13. halo pak, utk terios bisa diredam mulai Rp.400rb-768rb.

    BalasHapus
  14. kalo di bandung ada cabang nggak om,utk trajet bisa nggak treatmentnya, kira2 berapa biayanya. tks johansyah.bp@gmail.com

    BalasHapus
  15. sudah saya minta dealer Bandung untuk menghubungi bapak. mohon kabari apabila ada kendala berkomunikasi dengan dealer Bandung.
    thanks pak

    BalasHapus
  16. Kalau buat firewall dlam mesin pakai apa yg bagus...?

    BalasHapus
  17. Bapak Yth.,
    Peredam Firewall dalam ruang mesin bisa memakai checkmat premium.
    Thanks
    Justinus

    BalasHapus
  18. Pak.. kalau untuk ford everest 2004 kira kira butuh biaya brapa ? tidak usah termasuk pemasangan. nanti kalau jadi, dikirim ke luar kota ( medan ). cara pasangnya gampang aja kan. cukup diselipkan dilubang bagian tengah karet tersebut kan ?

    BalasHapus
  19. Pak Sunardi Yth.,
    Ford Everest kira2 Rp.768rb. betul pak diselipkan ke dalam rongga karet pintu. Bisa kita kirimkan ke Medan apabila mau.
    Thanks dan salam,
    Justinus

    BalasHapus
  20. om, kalo buat Ford Focus abis berapa ya?udah tipis nih karetnya. termasuk buat karet pintu yg dibagasi kan? thx b4

    BalasHapus
  21. Boss, Karet O untuk pintu civic vtis 2001 kena brapa yah!!!

    BalasHapus
  22. Pak Brekele Yth.,
    Karet O utk ford focus Rp.768rb, karet pintu bagasi tambah Rp.100rb apabila memungkinkan dipasang...gak semua mobil hatchback bisa dipasang karet bagasi pak

    BalasHapus
  23. Bos Yth.,
    Karet pintu O utk 4 pintu civic VTIs 20001 Rp.768rb

    BalasHapus
  24. Kl untuk avanza vvti 2008 harga 400rb sdh termasuk pemasangan yah? Trus harga segitu untuk pengisian karet yg dimana aja (pintu+bodi)?

    Kl untuk pemasangan di bandung gimana yah?

    tks

    BalasHapus
  25. klo di bandung dmn ya?? untuk jazz idsi 04 harga brp?? 022-76877877 thx

    BalasHapus
  26. sedan timor kan sudah cukup berumur, kl tutup pintu hrs sll d banting, pengen blep sprti mbl baru kena brp ya? thnks.
    (bizack.2010@gmail.com)

    BalasHapus
  27. alo pak Justinus... mobil saya vios 2004... kira2 butuh biaya berapa yah? buat 4 pintunya..makasih

    agustinus
    fryzell@gmail.com
    081398891198

    BalasHapus
  28. Pak Bizack Yth.,

    Supaya bantingan pintu Timor anda kembali menjadi mantap ada beberapa item yg harus diganti :
    Karet pintu ganti baru, pintu diredam dengan checkmat Rp.190rb/pintu dan penambahan karet O ke dalam karet pintu asli Rp.100rb/pintu.
    Terima kasih dan salam,
    Justinus

    BalasHapus
  29. kalo total buat carens2 kira" habis brapa banyak ya Om?

    BalasHapus
  30. bos yth.,
    karet O buat carens apabila cuma pasang 1 lapis Rp.100rb/pintu
    kalo memungkinkan dipasang 2 lapis (1 di pintu dan 1 di body) Rp.200rb/pintu.
    thanks dan salam.
    justinus

    BalasHapus
  31. Pak.., Untuk pemasangan karet O ma peredam full untuk mobil kesayangn ni.. Kijang Grand Ekstra'93 berapa?? thanks'

    BalasHapus
  32. Pak Juna Yth.,

    Halo Pak Juna, mengingat mobil Kijang Grand Ektra 93, saya menyarankan pergantian karet pintu lama anda dengan karet pintu baru apabila belum pernah ada pergantian dalam 5 tahun terakhir....berdasarkan pengalaman karet O tidak akan bekerja efektif meredam suara apabila karet pintu asli mobil telah menjadi terlalu kaku / keras.

    Sebagai informasi harga karet O utk Kijang Grand Extra Rp.400rb utk 4 pintu.

    Thanks dan salam,
    Justinus

    BalasHapus
  33. Halo pak, saya Imam mau nanya untuk mobil mercy E230 untuk 4 pintu kena berapa ya?

    BalasHapus
  34. kalo buat kijang kapsul 2001 karet O abis brp bos??
    bs pasang d rmh ga??
    suara dr luar uda mulai masuk..
    dan kl suara mesin di redam pakai apa yah dan kira2 habis brp smuanya..
    trims..

    BalasHapus
  35. imamsutantoJan 24, 2012 06:21 PM
    Halo pak, saya Imam mau nanya untuk mobil mercy E230 untuk 4 pintu kena berapa ya?
    BalasHapus

    Halo Pak Imam,
    karet O utk mercy E230 Rp.768rb.
    thanks dan salam,
    Justinus

    BalasHapus
  36. AnonimJan 24, 2012 07:08 PM
    kalo buat kijang kapsul 2001 karet O abis brp bos??
    bs pasang d rmh ga??
    suara dr luar uda mulai masuk..
    dan kl suara mesin di redam pakai apa yah dan kira2 habis brp smuanya..
    trims..
    BalasHapus


    Bapak YTH.,
    Utk kijang kapsul karet Rp.400rb, gak bisa pasang di rumah harus ke workshop kita di jl,cideng timur no.16 jakarta.
    untuk meredam suara mesin bapak bisa ambil paket firewall + fender depan + peredam lantai bagian gearbox, harganya kira2 Rp.3.6jt.
    terima kasih dan salam,
    justinus

    BalasHapus
  37. halo pak, mobil saya toyota ist, waktu baru beli tuh kayanya suara dari luar entah motor atau pengamen saja samar sekali, kenapa sekarang berisik ya? apa karetnya sudah jelek? tapi kalo di tutup pintu masih gampang. oh iya kalo karet o bisa mengurangi suara bising, peredam yang di pasang di doortrim untuk apa ya?

    tommy3011@live.com

    BalasHapus
  38. Pak, kalo buat Honda City IDSI 2004 habis berapa ? Proses pemasangan berapa lama dan apakah bisa dilakukan di Cempaka Putih ?

    BalasHapus
  39. tommyJan 30, 2012 07:55 AM
    halo pak, mobil saya toyota ist, waktu baru beli tuh kayanya suara dari luar entah motor atau pengamen saja samar sekali, kenapa sekarang berisik ya? apa karetnya sudah jelek? tapi kalo di tutup pintu masih gampang. oh iya kalo karet o bisa mengurangi suara bising, peredam yang di pasang di doortrim untuk apa ya?

    tommy3011@live.com

    Pak Tommy Yth.,
    Karet pintu anda sdh berkurang elastisitasnya shg mulai gepeng kejepit pintu. Karet pintu anda akan kembali mengembang apabila ke dalam rongganya diselipkan karet O sehingga suara motor dr luar yg masuk ke dalam kabin akan berkurang.
    Peredam Checkmat Trimboard berfungsi meredam rambatan suara yg masuk melalui plat pintu ke dalam kabin selain itu jg akan membuat kwalitas suara midbas speaker yg terpasang di pintu menjadi lebih bagus.
    thanks

    BalasHapus
  40. Pak, kalo buat Honda City IDSI 2004 habis berapa ? Proses pemasangan berapa lama dan apakah bisa dilakukan di Cempaka Putih

    Halo Pak,
    Karet pintu O utk Honda City Rp.768rb, pemasangan biasanya di workshop kita. bisa di cideng ataupun di kelapa gading kirana.

    thanks dan salam,

    BalasHapus
  41. Pak Justin, bisa minta alamat lengkap dan telp workshop di kelapa Gading ? Bila ada waktu saya mau pasang karet O di sana

    Thanks,

    BalasHapus
  42. Untuk Sportage I kira2 brapa meter dan brapa bos? Apa ada distributor di medan?

    BalasHapus
  43. AnonimFeb 21, 2012 08:52 AM
    Untuk Sportage I kira2 brapa meter dan brapa bos? Apa ada distributor di medan?

    bos yth.,
    dealer medan coba hubungi Meng's Audio 061 7850115
    thanks dan salam,
    justinus

    BalasHapus
  44. AnonimFeb 5, 2012 10:57 PM
    Pak Justin, bisa minta alamat lengkap dan telp workshop di kelapa Gading ? Bila ada waktu saya mau pasang karet O di sana

    Thanks,

    Bos Yth.,

    Alamat cabang Gading : Gading Kirana Timur Blok H11 No.12. tel.458 57127
    thanks dan salam,
    justinus

    BalasHapus
  45. Untuk Wilayah Medan ada rekomendasi tempat pemasangannya pak?

    Van

    BalasHapus
  46. Untuk Wilayah Medan ada rekomendasi tempat pemasangannya pak?

    Van


    Pak Van Yth.,

    coba ke Meng's Audio.
    Thanks dan salam,
    justinus

    BalasHapus
  47. Pak untuk memasukan karet o tentunya harus merobek/membuat lobang pada karet agar karet o bisa dimasukan. Kemudian apakah lobang yang dibuat ditutup kembali? atau dibiarkan terbuka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Budi Yth.,
      Karet O diselipkan ke dalam rongga karet pintu melalui lubang /celah yang terdapat pada karet pintu yang telah ada. Umumnya tidak perlu membuat lubang baru.
      Terima kasih dan salam,
      justinus

      Hapus
  48. NOVA

    salam,

    kalo untuk ganti karet baru VW combi + pasang kena berapa gan?

    variesta@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Nova Yth.,
      Karet O dan D merupakan pelengkap yang dipasang ke karet pintu mobil yang sudah ada.
      Mohon maaf kita tidak menjual karet pintu mobil VW combi pak.
      Thanks dan salam,
      Justinus

      Hapus
  49. Pak justinus... kalo di bdg ada cabang nggak? utk hyundai trajet berapa kira2 34 m ya utk double 4 pintu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pak Johan,

      Dealer Bandung : GenX, Radius, Sinar harapan, PM Autowork.
      Atau silahkan hubnya distributor Bandung utk lbh jelas : 0812 2333 814

      Thanks dan salam,
      Justinus

      Hapus
  50. Boss Justinus,

    mau tanya klo untuk 4 pintu mobil soluna kena harga berapa pemasangan karet barunya, apa mungkin bisa di service tidak perlu diganti karetnya?

    thx
    airfansyah@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. airfansyah@gmail.com

      Halo Bos Irfan,
      Karet pintu Solunanya sepanjang tidak robek dan cukup lentur bisa kita pasangin karet O.
      Apabila sdh mulai keras / kaku nanti dikasih rubber conditioner terlebih dahulu.
      Harga karet O utk 4 pintu soluna Rp.968rb.
      Terima kasih dan salam,
      Justinus

      Hapus
  51. - mas mobil saya kijang kapsul tahun 1997, karet pintu yang kwalitas
    baik untuk mobil tersebut kira kira jenis yang mana ?
    - berapa meter yang di perlukan ?
    - dan berapa harganya ?

    makasih sebelunya,

    salam
    m.amirullah ( balas di amirullah1975@yahoo.com )0812 1981 882

    BalasHapus
    Balasan
    1. amirullah1975@yahoo.com

      Halo Pak Amirullah,
      Selama karet pintu asli mobil bapak gak robek dan cukup lentur msh bisa ditambahkan karet O,
      cuma terus terang dikarenakan kontruksi pintu dan kaca mobilnya ini hasil yang didapatkan tidak bisa maksimal.
      pemasangan karet O kira2 sekitar Rp,600rb utk 4 pintu.
      terima kasih dan salam,
      justinus

      Hapus
  52. Untuk mobil kijang lgx thn 2003 pemasangan karet o harga berapa? Sekalian minta info daerah serpong bisa pasang di mana? thanks

    BalasHapus
  53. Kalo All New Avanza habis berapa (termasuk pemasangan)?
    Trus berapa lama pengerjaannya?

    08568265330

    BalasHapus
  54. kalo untuk honda jazz vtec 2007 empat pintu kena brp? trims..

    BalasHapus
  55. Mobil saya Fortuner Bensin 2006. Sepertinya suara angin dikabin jika kecepatan 100 km/jam sangat jelas terdengar.
    Apakah pemasangan karet O,bisa menghilangkan suara angin dikabin?
    Kisaran biaya+pemasangan berapa ya Pak?
    Apakah harus dipasang di Cideng atau Gading?rumah saya daerah cibubur

    Thanks
    Hidayat.japfa@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Hidayat Yth.,

      Suara angin bisa disebabkan banyak hal mis., karet pintu sudah mulai rusak, pintu pernah ditabrak sehingga berubah posisi atau penambahan accesories spt talang air / kaca spion yg menahan angin.
      Anda sudah mencoba minta advis ke Toyota atau mengganti karet pintunya ?

      Karena pemasangan karet O kadang bisa mengatasi suara angin tetapi bisa juga tidak.
      Biaya pemasangan karet O utk 4 pintu Rp.968rb

      Thanks dan salam,
      Justinus

      Hapus
    2. Pak, kalau di palembang ada cabang?

      Trims
      0821-81860724

      Hapus
  56. selamat pagi....
    kalo sedan starlet brapa biayanya pak???

    BalasHapus
  57. Pak, buka cabang di Malang nggak?
    Thanks

    BalasHapus
  58. klo untu yaris 2008 brp yah mas

    BalasHapus
  59. pak, kalo untuk nissan juke? brp ya?

    thanks.

    BalasHapus
  60. Kl cabang di daerah tangerang atau ciputat ada pak?

    BalasHapus
  61. pak,untuk suzuki R3 , apa bisa hening suara angin dan rodanya ?? cukup dgn karet o atau hrs ada peredam yg lain ?? tolong di balas yaa... trima kasih...

    BalasHapus
  62. pak, suzuki R3 apa bisa hening suara angin dan rodanya cukup dengan karet o atau perlu peredam tambahan lagi ?? tolong dibalas yaa......
    terima kasih
    no HP 081358059888

    BalasHapus
  63. Pak
    Untuk Lancer 2002 brapa ya?

    thanks
    Hendri
    0811849373

    BalasHapus
  64. kalo untuk trajet per pintunya brp y?

    BalasHapus
  65. pak. kalo untuk inova 2012 paket peredam suara didalam kabin bisa habis berapa biar halus kaya mbl eropa. untuk jawa tengah ada cabang ga?

    BalasHapus
  66. kalo untuk Honda city 97, abis brp pak. Thx

    BalasHapus
  67. Pa justinus, maaf mau tanya kalo ganti karet pintu + nambah seal O, untuk mobil starlet kapsul kena berapa ya Pa, makasih

    BalasHapus
  68. Pa Justinus, maaf mau tanya kalo untuk penggantian karet pintu + nambah seal O, mobil starlet kapsul kena harga berapa ya Pa, makasih

    BalasHapus
  69. pa tuk kijang 92 lima pintu kira kira berapa ya? da cabang di daerah simatupang dan sekitarnya ngga? makasih

    BalasHapus
  70. pak kalau untuk innova peredam suara? pakai chemat black sluru dalam .bagi d luar ga usah
    berapa harga pak?

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. mau tanya pak,
    mau tanya, karet o yg udah terpasang kedua ujungnya di apain ya? Dibiarin terpisah atau di ikat? Ikatnya pake apa ya pak?
    karet o utk new innova pasang dua lapis berapa meter ya? Harga netnya dengan kirim ke medan berapa pak?
    Johannis,
    email: dodo9xdodo@gmail.com
    johannis_sinuhaji@yahoo.co.id
    Johannisii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Johan Yth.,

      Kedua ujung karet O cukup dibiarkan terpisah. 1pintu biasanya memerlukan karet sd 4m utk 1 lapis, apabila 1 pintu innova ingin dipasang 2 lapis (pintu dan body) tinggal dikali 2. Untuk harga silahkan sms atau bbm langsung.
      Trims dan salam,
      Justinus

      Hapus
  73. kalau utk ford everest 2004 berapa pak ?

    BalasHapus
  74. kalau buat ford everest 2004 berapaan pak

    BalasHapus
  75. pak kalau untuk civic ferio berapa ya?..apa bisa dipasang sendiri?

    BalasHapus
  76. Pak Bosss.... Mau nanya klo karet pintu Honda Grand Civic 91 ada ga ya..? hrga kisaran berapa 1 set nya...(4 pintu)...?

    BalasHapus
  77. Saya senang sekali ada artikel ini, mobil saya vitara 93, karet pintunya sudah kurang nyaman, kadang kalau hujan rembes airnya, mohon penjelasan kira kira berapa dana untuk treatmen karet untuk 4 pintu dan 1 pintu belakang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Vitara Yth.,
      Apabila terjadi rembesan air hujan, pertama yg harus dilakukan adalah mengecek kondisi karet2 pintu mobil, apakah ada bagian yang robek atau tidak terpasang dengan baik. Kadang apabila umur karet sudah di atas 8 tahun, hasil yang didapat akan lebih optimal dengan mengganti karet pintu baru daripada karet pintu ditreatment dengan karet O.
      Trims dan salam,
      justinus

      Hapus
  78. Mohon info, brp kebutuhan karet untuk kijang komando thn 85, karoseri NCH?

    http://farm8.staticflickr.com/7044/6907316175_37fa93c027.jpg

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Wieky Yth.,
      Biasanya 1 pintu memerlukan karet sepanjang kira2 3-4m.
      Terima dan salam,
      justinus

      Hapus
  79. Alo pa justinus, mobil saya xeniA 2010 kira2 kena berapa ya? Untuk rangkasbitung punya cabang gak?

    BalasHapus
  80. Kalau mau belajar bisa, Pak...?

    BalasHapus
  81. Pagi Pak Yus.... Brp kebutuhan untuk Honda City 97 ? and di Bogor ada cabang gak ? Thx.. fauthonk@gmail.com

    BalasHapus
  82. Met malam bos...
    Saya baru beli honda mobilio 2014, dan saya mau pasang karet O biar lebih senyap lg. Kira2 brapa duit utk 4 pintu + bagasi, dan apakah bisa dipasang sendiri, lokasi saya di samarinda, kaltim
    Thanks...
    Email ipung202@gmail.com

    BalasHapus
  83. Met malam bos...
    Saya baru beli honda mobilio 2014, dan saya mau pasang karet O biar lebih senyap lg. Kira2 brapa duit utk 4 pintu + bagasi, dan apakah bisa dipasang sendiri, lokasi saya di samarinda, kaltim
    Thanks...
    Email ipung202@gmail.com

    BalasHapus
  84. Pak Yus,

    Karimun Kotak saya ada rembesan air, sepertinya karena karet balon yg nempel disekeliling pintu sudah lemah. Apakah penambahan karet O dapat mengatasi solusi ini Pak Yus? Atau apakah Pak Yus pernah menemukan masalah seperti yg saya alami. Sekaligus harganya tuk 1 pintu karimun kotak Pak.

    Thx...dapot

    BalasHapus
  85. Met malem pak justinus.. sy punya aerio 2005, karet pintu udah mulai gepeng, klo pasang karet O untuk 4 pintu ditambah peredam pintu berapa pak?. makasih

    BalasHapus
  86. Klo Civic LX 88 hbis brp, Untuk Di Banyuwangi Jawa Timur ada Gak Cabangnya< tks.
    081249504383

    BalasHapus
  87. Utk BMW 318i 2001 berapa bos?

    BalasHapus
  88. Untuk pintu belakang kijang lsx kapsul 97 brp om?

    BalasHapus

Jangan lupa cantumkan No HP / Email / untuk mendapatkan prioritas. Thanks ya