Jumat, 12 November 2010

Meredam Panas Mesin Mobil

Peredam Melindungi Cat Kap Mesin
Tahukah anda kalau temperatur / suhu di dalam Ruang Mesin Mobil dapat melebihi 800C ?

Panas ruang mesin mobil efeknya dapat terlihat pada warna cat tutup kap mesin yang menjadi lebih kusam. 











Mobil Minibus
Peredam Panas di bawah Jok Mobil Grand Max
Anda yang memiliki Mobil minibus dengan Mesin yang terpasang dibawah lantai pasti sering merasakan hawa panas naik dari bawah jok/kursi, walaupun AC mobil telah distel pada tingkat pendinginan maksimal tetapi masih terasa gerah di dalam mobil.
Sehingga pada hari yang panas dan kondisi jalanan macet, anda dapat merasakan hawa panas yang mengganggu.





Penyebabnya
Salah satu cara hemat-energi dalam menyiasati supaya AC mobil terasa lebih dingin adalah dengan mengisolasi / menangkal sebanyak mungkin hawa panas supaya tidak masuk ke dalam kabin penumpang.
Semakin sedikit hawa panas yang masuk berarti semakin sedikit udara dingin AC yang hilang.
Ada 2 hal yang menjadi sumber panas mobil yaitu :
1.     Panas Sinar Matahari
 Sumber panas ini masuk ke kabin mobil melalui :
o   Kaca Mobil
o   Plafon / atap mobil
2.    Panas yang ditimbulkan dari Mobil sendiri 
o   Ruang mesin : Mesin Mobil, Radiator
o   Lantai mobil : Knalpot, Header

Solusi
Pada kebanyakan mobil karena keterbatasan spesifikasi pabrik sering kali sistem penangkal panas harus ditambahkan sendiri.
Cara menangkal hawa panas Eksternal / Panas Sinar Matahari masuk ke dalam kabin : 
1.     Memasang kaca film penahan panas.
2.     Menambah tirai di samping kiri kanan kaca, pilihlah tirai berwarna terang. Warna terang cenderung tidak menyerap panas.
3.     Tambahkan bahan peredam panas pada plafon mobil. Penambahan bahan peredam CheckMat Premium dan CheckMat Sponge dapat mengurangi kebisingan suara pada saat hujan.
  
Cara menangkal hawa panas Panas Mesin :
1.     Cek Karet Isolator 
Karet penutup kap mesin, karet pintu, karet kecil penutup lubang-lubang pada firewall (dinding pemisah ruang mesin-ruang kabin) walaupun kelihatannya remeh tetapi merupakan  isolator penting yang dapat menahan perpindahan panas ruang mesin ke kabin penumpang.
Cek kelenturan dan pastikan karet isolator terpasang dengan sempurna dan tidak berlubang, tutup atau ganti dengan yang baru apabila rusak / berlubang. Semprotkan secara teratur Silicon Spray untuk menjaga kelenturan karet pintu dan karet kap mesin.

2.     Tambahkan Peredam Panas 
Untuk menangkal penyebaran hawa panas ruang mesin yang masuk diperlukan penambahan bahan yang dapat memblokade panas supaya tidak langsung mengkonduksi dinding firewall. Pilihlah bahan yang mempunyai lapisan aluminum foil cukup tebal, ringan, tahan panas dan berdaya rekat tinggi.
Salah satu contohnya adalah CheckMat Premium, selain dapat menahan panas dapat juga meredam suara, untuk peredaman suara mesin yang lebih sempurna aplikasikan bersama CheckMat Sponge / Akustik

3.     Pada mobil tertentu, adakalanya suhu yang ditimbulkan Knalpot sedemikian panas, sehingga hawa panasnya terasa sampai tembus melewati lantai mobil. Titik panas yang paling dominan muncul di atas knalpot bagian Header dan Muffler (Gendang). Salah satu cara mengatasi titik panas adalah penambahan plat besi di atas Muffler – Header yang bermasalah, cek terlebih dahulu apakah terdapat rongga yang cukup lega untuk penambahan plat besi.
Cara praktis untuk menangkal panas knalpot yang masuk dari lantai mobil adalah dengan menempelkan CheckMat Premium pada lantai dalam kabin dan luar bawah kabin di atas titik sumber panas. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa cantumkan No HP / Email / untuk mendapatkan prioritas. Thanks ya