Jumat, 22 April 2011

CheckMat Sandwich : Mendongkrak SQ dengan Koreksi Frekwensi Sub Bass


Sound Quality bukan hanya seputar Frekwensi Mid dan High

Sejumlah penggemar audio bertelinga emas sering mengeluhkan reproduksi suara audio di mobil tidak bisa sebagus di rumah.

Tidak bisa dipungkiri memang Audio Mobil terdapat banyak kekurangan apabila dibandingkan dengan Audio System Rumah Hi-End. Salah satu kelemahan audio system di mobil misalnya pada reproduksi suara sub-bass 20Hz-80Hz.
Nada bass reproduksi dari subwoofer yang umum terdengar dalam kabin mobil berada di rentang frekwensi 40Hz-50Hz (bass boost power amplifier), dan 63Hz-100Hz (frekwensi tuning box subwoofer plus cabin gain mobil).

Nada Sub-Bass yang berada di rentang frekwensi 20Hz-40Hz, sering dianggap tidak terdengar dan malah dianggap pemborosan tenaga power amplifier sehingga sering disaring dengan subsonic filter.
Asal muasalnya karena nada bass pada rentang frekwensi 20Hz-40Hz mempunyai frekwensi yang sama dengan suara getaran mesin mobil, sehingga detail nada sub-bass 20Hz-40Hz hasil reproduksi dari subwoofer menjadi tersamar oleh suara dari getaran mesin.

Sebagai pembanding :
Pernahkah anda mendengarkan audio system pada malam hari saat tidak ada mobil lalu lalang dan mesin mobil dimatikan, detail nada rendah subwoofer akan terdengar sangat jelas.
Bandingkan pada saat siang hari dengan mesin mobil dihidupkan,  pasti akan terdengar perbedaan drastis detail rendah sub-bass yang dimaksud.

Kehilangan frekwensi fundamental inilah yang membedakan hasil suara antara home audio high end dengan car audio, suara home audio high-end bisa terdengar lebih baik karena rentang frekwensi ini bersih tanpa interfensi dan harmoniknya tetap lengkap.

Beberapa penggemar Bass mempergunakan subwoofer dengan ukuran 12"-15" untuk mendapatkan frekwensi sub-bass ini, tetapi subwoofer berukuran besar akan memakan ruang bagasi, pemakaian power amplifier yang lebih besar dan tentu saja design box subwoofer yang direncanakan dengan seksama dan tuning dengan jam kerja yang panjang.
Segala keruwetan ini supaya suara subbass bisa mengimbangi suara getaran dari mesin mobil.

Solusinya sebenarnya sangat sederhana dan praktis : suara dan getaran dari mesin mobilnya saja yang dikurangi,


Cara mengatasinya adalah menambahkan peredam mobil anda dengan CheckMat Sandwich.
Peredam CheckMat Sandwich dapat meredam getaran suara mesin yang masuk ke dalam kabin sehingga interfensi getaran mesin mobil terhadap frekwensi Sub-Bass berkurang.

Dengan pemakaian subwoofer berukuran 8"-10" akan bisa mendapatkan response suara yang  biasanya hanya bisa terdengar dengan pemakaian Sub 12" keatas.

Efek SQnya langsung terdengar, dengan fundamental frekwensi rendah yang jelas dan bersih, suara harmoniknya akan terdengar bersih juga sehingga secara keseluruhan suara terdengar mewah dan bersih.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa cantumkan No HP / Email / untuk mendapatkan prioritas. Thanks ya